Panduan Implementasi Laporan Pendampingan yang SHU

  Disukai 1x
  Diunduh 23x
  Dilihat 93x
GTK Profesi
Penulis : Jatnika Heramawan
Diunggah : 8 Oktober 2020
UNDUH MATERI

Karakter, kompetensi, numerasi, dan literasi. Empat hal pilar pendukung transformasi kerja pengawas sekolah di era digital. “Karakter setidaknya ada dua, yakni moral karakter dan performance karakter. Seseorang yang baik hati, tapi tidak mau bekerja pastinya tidak akan dapat penghargaan, juga tidak dapat mengaktualisasi diri,” kata Dr. Ninik Kristiani, M.Pd., Pengawas SMA pada Dinas Pendidikan Kota Malang dan Batu, Jawa Timur.
Ninik menyampaikan hal tersebut kala menjadi pembicara terakhir pada Seri Webinar Guru Berbagi jilid keenam, pada Rabu, 8 Juli 2020. Seri Webinar diselenggarakan Direktorat Pendidikan Profesi dan Pembinaan Guru dan Tenaga Kependidikan (Dit. P3GTK), melalui aplikasi zoom dan disiarkan langsung melalui kanal Youtube, P3GTK Kemdikbud.
Menurut Ninik, kompetensi pengawas sekolah akan optimal jika moral karakter dan performance karakter makin hari makin di atas. “Numerasi dan melek literasi akan tampak terbentuk jika pengawas sekolah dapat melewati tahapan, seperti sering disampaikan Mas Menteri, yakni jika tidak tahu bertanya, setelah bertanya mencoba, setelah mencoba harus mampu berkarya,” ujarnya. Karya yang dihasilkan pengawas sekolah inilah yang akan mengisi portofolio digital kelak.



Cari Video Lain

Video terkait lainnya