Ternyata Mereka Merindukan Gurunya

  Disukai
  Dilihat 274x

5:22 pm

refleksi

sumber ilustrasi : koleksi pribadi
Sumber : Indah Aryati
Penulis : INDAH ARYATI
RPP Terkait : RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MENULIS SURAT
Jenjang : SMP/MTS
Kelas : 7
Mapel : Bahasa Indonesia

Ternyata Mereka Merindukan Gurunya

Di masa pandemik ini kita tetap mengutamakan kesehatan. Kesehatan menjadi hal yang sangat mahal harganya. Oleh karena itu mulai bulan Maret pembelajaran dilaksanakan secara daring. Berbagai media dapat dipilih guru untuk menyampaikan materi pembelajaran. Mulai dari grup WA, google classroom, zoom, fb dan berbagai aplikasi yang lain. Tentu saja dengan memperhatikan kondisi sekolah masing-masing.

Saya mengajar di SMPN 4 Yogyakarta yang berada di tengah kota Yogyakarta. Jaringan internet bukan menjadi masalah yang sulit bagi peserta didik. Hampir seluruh siswa berdomisili di Kota Yogyakarta. Untuk itu memungkinkan bagi saya memilih berbagai media pembelajaran.

Pada materi menulis Surat pribadi dan surat dinas. saya menggunakan gabungan berbagai media. Media yang utama adalah Grup WA, dengan media ini saya melakukan koordinasi dengan peserta didik. Materi menulis surat saya tulis dalam power point saya share lewat WA. Sedangkan penjelasan tentang materi saya buat video. Peserta didik dapat melihat tayangan di You tube. Untuk latihan soal-soal peserta didik dapat membuka Quizis. Siswa mengerjakan tugas menulis surat pribadi untuk guru atau orang tua. Tugas siswa dikirim ke email saya atau bisa juga discreenshoot dikirim ke WA saya.

Saya merasa bersyukur pada Allah, di masa pandemik ini peserta didik saya tetap semangat mengerjakan tugas. Seluruh peserta didik mengumpulkan tugasnya. Kebanyakan isi surat pribadi tersebut ungkapan kerinduan mereka untuk belajar di sekolah. Mereka rindu pada Bapak dan Ibu gurunya. Sejujurnya ada rasa bangga pada mereka, yang ternyata merasa sangat membutuhkan guru dalam belajar. Bertatap muka dengan guru, mendengar nasihatnya, menyampaikan ide dan gagasannya dalam diskusi di kelas ternyata menjadi hal yang mereka sukai. Ungkapan kerinduan tersebut tertuang dalam surat pribadi yang ditulisnya. Alhamdulillah meskipun dalam situasi darurat namun semangat belajar masih tersimpan dalam dada.

Dalam pembelajaran jarak jauh yang saya lakukan selama ini ada sedikit hambatan saya temui. Diantaranya adalah ada peserta didik yang tidak mempunyai paket data internet. Namun, dalam keterbatasan tersebut, peserta didik saya tetap mengumpulkan tugasnya dengan solusi meminjam HP Android saudaranya. Saatnya kita merefleksi pembelajaran daring ini, Dibalik kebanggaan hati akan motivasi anak didik saya, ada permasalahan yang menanti uluran tangan.



Cari Artikel Lain

Artikel terkait lainnya