“SILET” Aplikasi Padlet Mengaktifkan Siswa Belajar IPS Saat Pandemic Covid-19

  Disukai 1278x   Dilihat 1480x

8:45 am

refleksi

sumber ilustrasi : Aplikasi Padlet
Sumber : Samin (2020); Fuchs (2014)
Penulis : SAMIN
RPP terkait : RPP_IPS_Kelas VII

Menjadi guru di saat wabah virus Covid-19 saat ini, bukan lagi tentang guru yang berdiri di depan kelas, tetapi sudah selayaknya guru harus “dipaksakan” menggunakan pembelajaran online. Bersyukur siswa adalah kaum digital yang sudah akrab dengan teknologi sehingga tidak ada kendala yang berarti.

  “SILET” diambil dari akronim aplikasi padlet merupakan aplikasi daring gratis yang paling tepat diilustrasikan sebagai papan tulis daring. Aplikasi padlet memungkinkan penggunanya untuk bisa berdiskusi langsung dengan banyak orang dan berbagi dokumen seperti MS Word, Excel, Power Point.

Selain itu aplikasi padlet dapat digunakan hampir dalam semua perangkat baik laptop maupun smartphone asalkan terkoneksi internet dengan baik. Menurut Fuchs (2014: 7) padlet merupakan suatu aplikasi dimana siswa dapat berkolaborasi dan berbagi apa yang mereka tulis dan sampaikan. Siswa dapat memposting video, gambar, dan tulisan terkait tema. Catatan atau penugasan oleh guru dapat berisi tautan, video, gambar, dan file dokumen. dan siswa dapat juga mengupload kembali pekerjaan yang sudah selesai ke alamat link yang sama.

Penerapan aplikasi padlet dalam pembelajaran IPS dapat dilakukan melalui metode problem based learning dengan tahapan sebagai berikut:

CreativityThinking and Innovation

Pada tahap ini, siswa mengamati dan mencatat hal-hal penting yang telah ditugaskan oleh guru selama satu minggu sebelumnya tentang, pengertian, tujuan, dan manfaat kegiatan ekonomi berupa fakta dalam bentuk tulisan, gambar/foto dan video dirumah masing-masing.

Organization

Siswa membagi peran/tugas dalam kelompoknya untuk menyelesaikan masalah melalui arahan guru. siswa secara individu atau kelompok dapat menyampaikan rumusan hipotesisnya.

Critical Thinking and Problem Solving

Siswa mulai mencari dan mengumpulkan data dan informasi secara berkelompok terkait kegiatan ekonomi dari berbagi referensi atau sumber lain, untuk mendapatkan penjelasan dan pemecahan masalah. Guru dapat mendorong dan merekomendasikan sumber bacaan secara online.

Collaboration

Masing-masing kelompok berdiskusi untuk menghasilkan solusi pemecahan melalui media whatshapp. Guru mulai menerapkan “SILET”aplikasi padlet yang hasilnya siswa diminta membuat karya berupa video dengan dibubuhkan teks dan rekaman suara tentang materi kegiatan ekonomi dirumah. Guru membantu merencanakan, menyiapkan dan menyajikan hasil karya. Guru membantu, memantau dan menjadi fasilitator dari kegiatan selama melakukan diskusi kelompok.   

   

Communication

Guru meminta siswa melakukan presentasi untuk menyajikan hasil laporan yang telah dibuat kepada teman-temannya dengan cara mengupload hasil karya ke alamat link padlet. Guru melakukan refleksi terhadap hasil pemecahan masalah yang telah dilakukan, dan membimbing siswa membuat kesimpulan kegiatan pembelajaran.

Di akhir pembelajaran siswa diminta untuk menuliskan apa yang dipahami tentang materi yang diajarkan dan guru menayangkannya di layar lebar. Responnya sungguh positif. Siswa tampak senang sekali saat melihat nama dan tulisannya terpampang, meski dengan isi yang tidak nyambung sekalipun. Dan satu lagi siswa bisa memberi tanda love punya teman yang lain, dan itulah yang jadikan siswa tambah senang.

Untuk berbagi ke teman yang lain, siswa dapat memposting hasil karya video yang dibubuhi teks dan rekaman suara tersebut ke link yang telah dibuat di laman padlet.com atau whatshapp guru dan karyawan sekolah atau pihak lain.

“SILET” aplikasi padlet sebagai sebuah alternatif kolaborasi pembelajaran online untuk daftar, atau buka akun, dan menggunakannya sangat mudah bukan? Semoga keadaan kembali normal, dan virus corona segera berlalu. (Samin, S.Pd. Guru SMPN 3 Slogohimo, Wonogiri, Jawa Tengah)



Cari Artikel Lain

Artikel terkait lainnya