Pembelajaran Kreatif Berbasis Zoom Cloud Meeting

  Disukai 8x
  Dilihat 575x

7:33 pm

refleksi

sumber ilustrasi : Pribadi
Sumber : Pribadi
Penulis : superadmin
RPP Terkait : RPP KREATIF dengan Platform Zoom Cloud Meeting
Jenjang : PAUD/TK/RA
Kelas : PAUD
Mapel : Tematik

Pendahuluan

Penyelenggaraan pendidikan pada masa dikumandangkannya pendidikan abad 21 saat ini harus mengupayakan untuk memberikan pelayanan yang bersifat individual kepada peserta didik. 

Kelas-kelas (apapun definisinya tentang kelas) yang diampu oleh seorang guru memiliki peran penting dalam sebuah entitas pendidikan bermutu dan menjadi dasar dari sebuah bangunan peradaban terutama dalam masa-masa pandemi seperti sekarang ini.

Masa depan pembelajaran dalam era pandemi seperti ini menuntut kreativitas dan kemauan untuk mengeksplorasi berbagai sumber daya agar mampu memberikan layanan yang signifikan terhadap peserta didik.

 

ISI

Tema yang dikemas adalah Tema Binatang dan sub temanya adalah serangga.

beberapa KD yang masuk dalam tema pembelajaran yang di desain dalam RPP ini adalah KD : 1.1.1, 2.2.14,3.3.1&4.4.1,3.3.2&4.4.2, 3.3.9&4.4.9, 3.3.10&4.4.10, 3.3.11&4.4.11

Pembelajaran dilakukan melalui platform zoom cloud meeting. Dengan berbagai tambahan platform lain sebagai sarana ice breaking anak seperti youtube.

Kelas dibagi menjadi empat ruang kelas. yaitu ; kelas utama saat anak-anak berkumpul dan mendengarkan project yang akan dilakukan hari ini. disini juga dilakukan ice breaking dan mendengarkan cerita sebagai penguat pembelajaran dan project hari ini.

kemudian setelah kelas pembukaan selesai dilakukan di kelas utama. anak-anak bersama guru kelasnya masuk ke dalam kelasnya masing-masing. untuk melakukan kegiatan inti pembelajaran dan penutup.

Refleksi

Kegiatan pembelajaran yang terangkum dalam skrip RPP ini ditilik dari beberapa sisi membutuhkan kerjasama antara guru kelas dalam menjalankan kelas secara bersamaan sehingga kenyamanan dalam melakukan proses pembelajaran terus terjaga dengan baik. sehingga kualitas layanan terhadap peserta didik terjaga dengan tidak adanya interupsi teknis yang dapat mengganggu kelancaran pembelajaran ini.

Materi dan media yang diberikan kepada anak dikemas semenarik mungkin dengan berbagai konsep dan pendekatan edutainment dimana pembelajaran berjalan dengan semangat, informatif, menghibur dan tidak membosankan.

Penggunaan berbagai metode kreatif pun dilakukan dengan perencanaan dan tata laksana yang mendukung. Lewat media wayang dan tampilan video serta animasi yang mengajak anak untuk fokus pada pembelajaran yang dilakukan.

Penyelipan sisi-sisi karakter lewat bercerita dengan materi yang dibuat sendiri dan media edukatif yang juga dibuat sendiri menjadikan anak-anak tersisipi nilai baik, dengan harapan besar dapat menjadi nilai yang masuk kedalam bawah sadarnya sehingga dapat terimplementasi dalam karakter positif diri.

Penutup

Menjadi seorang guru di era pandemi memang membutuhkan daya juang dan ketahanan yang luar biasa dalam mengembangkan ide dan menjaga mutu pembelajaran terus berjalan baik dan menghibur peserta didik.



Cari Artikel Lain

Artikel terkait lainnya