MITRA PENDIDIK #Edisi II: Antisipasi Covid-19 dalam Pendidikan

  Disukai 13x
  Dilihat 435x

7:19 pm

bacaan

sumber ilustrasi : Mitra Pendidik
Sumber : Lembaga-lembaga Pembangunan Mitra Pemerintah
Penulis : Jatnika Heramawan

MITRA PENDIDIK #Edisi II:

Antisipasi Covid-19 dalam Pendidikan

Mitra Pendidik pada edisi kedua ini kembali mengangkat cerita inspiratif guru, kepala sekolah, dan pelibatan masyarakat yang berupaya memfasilitasi para siswa tetap bisa belajar di tengah pandemi. 

Seperti yang dilakukan guru SD di Indrapura, Sumatera Utara yang melatih siswanya membuat “Buku Misteri” untuk melihat kemampuan siswa dalam memahami materi pelajaran selama belajar dari rumah. Insiatif beberapa guru yang berupaya memberikan pembelajaran dengan mengunjungi siswa ke rumah sampai memperbolehkan mereka untuk datang belajar di kediaman guru dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Lalu pelibatan masyarakat di Desa Rano, Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah melalui Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat (PATBM) yang berupaya memastikan setiap anak dapat belajar di rumah dengan optimal, aman, dan nyaman dengan didampingi orangtua. Mereka memberlakukan penerapan jam belajar dua kali sehari pada pagi dan malam.

Pada bagian hasil penelitian dan panduan, pembaca dapat mengakses informasi tentang:

  1. estimasi dampak COVID-19 pada sistem pembelajaran dan pendapatan di Indonesia,
  2. empat cara untuk menjembatani kesenjangan dalam pembelajaran selama COVID-19, serta
  3. hasil survei implementasi belajar dari rumah dan tips menyusun RPP pembelajaran jarak jauh.

Untuk membaca artikel secara lengkap, pembaca dapat klik setiap artikel di buletin dan akan masuk ke laman tempat artikel tersebut disimpan.

Semoga informasi ini dapat membantu para guru, kepala sekolah, orangtua, dan pemangku kepentingan pendidikan untuk dapat saling belajar, terinspirasi, dan berupaya terus untuk melakukan perbaikan terhadap mutu pembelajaran di sekolah dan madrasah. 

Untuk mengunduh Buletin Mitra Pendidik Edisi Kedua, silakan mengikuti tautan berikut:

http://bit.ly/Mitra_Pendidik_II



Cari Artikel Lain

Artikel terkait lainnya