METODE BELAJAR DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA PADA SAAT PANDEMI COVID 19

  Disukai
  Dilihat 2713x

11:04 am

refleksi

sumber ilustrasi : dari pemantauan pembelajaran dirumah siswa
Sumber : Mirnawati,S.Pd
Penulis : Mirnawati
RPP Terkait : RPPD RA Nurul Khairaat Surumana
Jenjang : PAUD/TK/RA
Kelas : PAUD
Mapel : Tematik

Dalam kegiatan refleksi pembelajaran ada beberapa point yang akan saya tanyakan kepada peserta didik dengan pertanyaan sebagai berikut :

1.       Bagaimana pendapat kamu terkait proses pembelajaran menggunakan video pembelajaran, latihan soal menggunakan whatsApp.

2.       Bagaimana perasaan kamu belajar jarak jauh ditengah pandemi covid 19

3.       Hal apa yang menarik menurut kamu selama pebelajaran yang telah dijalani.

4.       Berikan saranmu terkait pemebelajaran yang telah dijalani.

 

Hasil jawaban peserta didik berbeda-beda dalam menjawabnya.namun saya akan rekap hasil jawaban peserta didik terkait point-point pertanyaan.

Video pembelajaran menurut pendapat beberapa peserta didik adalah sebagai berikut :

·          Cukup praktis karena melalui video bisa diulang-ulang sepuasnya jika tidak mengerti.mungkin perlu diperbaiki cara penjelasan agar mudah dimengerti

·          Proses belajar menggunakan video kurang efektif bagi saya,karena harus menonton video dengan durasi yang lama terus buat mata jadi capek,trus kalau mau bertanya tidak bisa langsung.jujur lebih enak dikelas sih soalnya bisa langsung.

Tugas menggunakan geogle form untuk penugasan menarik, menyenangkan dan efisien bagi peserta didik karena dapat dikerjakan langsung dengan mengklik atau mengetik jawaban pada layar hanphone atau leptop namun kurang efektif bagi peserta didik karena kalau peserta didik salah cara tidak terlihat kesalahannya dimana sedangkan kalau dikelas peserta didik dapat langsung bertanya cara yang benar.

Menggunakan video whatsApp bagi peserta didik merupakan media yang sangat efektif pada pembelajaran jarak jauh sekarang ini, namun gangguan teknis sering terjadi karena jaringan yang suka putus-putus, koneksi lambat dan dibutuhkan kuota yang cukup untuk peserta didik.

 

Berdasarkan uraian pendapat tersebut maka faktor utamanya adalah kondisi psikis peserta didik memang belum siap atas perubahan yang biasa tatap muka langsung dengan bapak ibu guru mengajar dan juga perubahan yang biasanya dengan mudah dapat bertanya dan direspon oleh gurunya.namun kini peserta didik dihadapi dengan beberapa permasalahan yang dulunya tidak pernah ditemui seperti ingin bertanya namun koneksi internet lambat.

 

Dan berdasarkan keseluruhan menurut peserta didik pembelajaran saat ini yang sudah dijalankan dengan baik, dimulai ada video pembelajaran, pembhasan materi dan pemberian soal.

 

Hal-hal baru yang saya pelajari selama proses tersebut media pembelajaran akan saya gunakan sesuai dengan kemampuan saya, saya juga perlu menentukan aplikasi apa saja yang akan saya gunakan untuk tetap dapat melaksanakan proses pembelajaran serta tetap menghadirkan suasana kelas dirumahnya peserta didik masing-masing.



Cari Artikel Lain

Artikel terkait lainnya