Meronce menurut warna kesukaan

  Disukai 1x   Dilihat 97x

11:33 am

refleksi

sumber ilustrasi : Memanfaatkan bahan - bahan bekas, mudah didapat.
Sumber : Pengembangan Motorik Halus anak
Penulis : NURHAYANI RITONGA
RPP terkait : Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Dari Rumah

KEGIATAN PEMBELAJARAN DAN BERMAIN ANAK TK DARI RUMAH

Penulis : NURHAYANI RITONGA.S.P.d

Diunggah : 25 JUNI 2020

Jenjang : TK

Kelompok : A

Tema : DIRI SENDIRI

Sub Tema : KESUKAAN

Kita ketahui bersama bahwa saat ini, negara kita Indonesia dan beberapa negara lain sedang dilanda wabah Virus corona atau yang di kenal dengan covid-19.

Wabah covid-19 mengharuskan pendidikan di indonesia dari mulai jenjang TK hingga perguruan tinggi semua belajar di rumah dengan bimbingan orang tua. Yang pasti pembelajaran di rumah bagi anak TK akan berbeda dengan pembelajaran di sekolah, pembelajaran di rumah bersama orang tua dibuat mudah dan tidak menyulitkan dalam penyediaan alat dan bahan untuk kegiatan anak. Bahan yang digunakan dianjurkan Loose Part/ bahan-bahan yang ada di lingkungan sekitar.

Sesuai tema Diri sendiri dan sub tema kesukaan, anak diajarkan untuk meronce menurut warna kesukaan dalam hal ini boleh meronce macam-macam tutup botol dan dibimbing oleh orang tua di rumah.

Anak -anak menggungakan HP orang tuanya untuk melihat video yang di kirim oleh Bu Guru tentang cara meronce menurut warna kesukaan dengan menggunakan macam-macam tutup botol, tentunya tutup botol bekas banyak berserakan dimana-mana bisa dikumpulkan, dilobangi oleh orang tua, dan dengan bimbingan orangtua anak-anak meronce memakai tali menjadi kalung, orang tua dapat memberikan penguatan dengan cara menanya anak “warna apa yang ananda pilih ?”, anak menyebutkan nama-nama warna tutup botol yang dironcenya, apabila yang disebut dan ditunjuknya benar maka orang tua memberikan pujian kepada anak minimal kata-kata ” Hore…betul…..”, sambil tepuk tangan. Kemudian anak-anak diminta menghitung tutup botol yang warna putih, yang warna biru, merah, dll sesuai warna yang dipilihnya, setiap anak betul dalam berhitung maka wajib diberi pujian. selanjutnya anak ditanya warna apa saja warna kesukaannya.

Hasil karyanya di kirim lagi ke bu guru melalui WA kelas. Namun orang tua yang tidak memiliki HP android pembelajarannya harus luring dengan cara ditelepon untuk datang ke sekolah menerima penjelasan dari bu guru tentang tugas atau kegiatan yang akan dikerjakan anak di rumah.

Setelah anak mengirimkan hasil karyanya kepada bu guru. Bu guru menerima informasi dari orang tua dan menilai sesuai kemampuan anak.

(BSH:berhasil sesuai harapan)atau

(BSB:berhasil sangat baik).



Cari Artikel Lain

Artikel terkait lainnya