MEMOTIVASI SISWA BELAJAR TIDAK HARUS DI SEKOLAH

  Disukai 13x
  Dilihat 862x

1:25 pm

refleksi

sumber ilustrasi : Dari dokumentasi whastapp group
Sumber : PUTRI, S.Sos
Penulis : PUTRI
RPP Terkait : Peran Indonesia dalam Perdamaian
Jenjang : SMA/MA
Kelas : 11
Mapel : Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PKN)

MEMOTIVASI SISWA BELAJAR TIDAK HARUS DI SEKOLAH

Infeksi virus Corona disebut COVID-19 (Corona Virus Disease 2019) dan pertama kali ditemukan di kota Wuhan, China pada akhir Desember 2019. Virus ini menular dengan sangat cepat dan telah menyebar ke hampir semua negara, termasuk Indonesia, hanya dalam waktu beberapa bulan.

Hal tersebut membuat beberapa negara menerapkan kebijakan untuk memberlakukan lockdown dalam rangka mencegah penyebaran virus Corona. Di Indonesia sendiri, diberlakukan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk menekan penyebaran virus ini.

Dalam kondisi pandemi Covid 19 saat ini tentu sangat meresahkan kita semua. Namun apupun musibah yang kita alami sekarang, kita harus tetap menjalani aktivatas kehidupan keseharian kita. Kegiatan pembelajaran tidak bisa berjalan secara maksimal seperti biasanya, namun demikian siswa tetap harus mendapatkan pendidikan dan pembelajaran. Pertengahan Maret 2020 belajar secara on line pun diterapkan Bekerja dari rumah dan Belajar dari rumah menjadi keharusan yang musti dijalani pada kondisi pandemi Covid19 saat ini.

Melakukan pola hidup sehat serta menjaga kebersihan lingkungan merupakan salah satu solusi untuk mengatasi wabah Covid19. Pemerintah Indonesia telah mengeluarkan kebijakan untuk tidak melakukan pertemuan face to face atau melakukan belajar dalam bentuk tatap muka terhadap peserta didik.

Di tengah kondisi darurat Covid19 ini, madrasah telah melaksanakan kegiatan pembelajaran kreatifitas dengan menggunakan Moda Daring. Meskipun secara Daring, kreatifitas guru tetap memegang peran penting. Pembelajaran PKN secara daring memanfaatkan aplikasi daring seperti grup whatsapp  kelas  dan grup messenger kelas.

Langkah-langkah pembelajaran Moda Daring Whatsapp group atau Messenger group sebagai berikut :

1.     Persiapan

a. Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) agar pembelajaran berjalan

seara sistemis.

b. Peserta didik membuat Whatspp group atau Messenger group kelas dan guru telah

tergabung didalamnya.

2.     Pelaksanaan

a. Guru memastikan semua peserta didik telah bergabung di whatsapp group.

b. Guru mengirim bahan ajar atau materi beserta tugas di whatsapp group.

c. Guru membuat kesepakatan dengan peserta didik kapan waktu penyelesaian dan

penyerahan tugas.

d. Guru memantau atau kegiatan peserta didik di whatsapp group.

e. Tugas yang telah selesai diserahkan kepada guru bersangkutan.

f.  Guru memeriksa hasil pekerjaan peserta didik dan memberikan nilai

3.     Penutup

Guru menyampaikan ungkapan apresiasi kepada seluruh siswa atau pertisipasi mereka dalam pembelajaran Moda Daring melalui whatsapp group agar peserta didik tetap aktif, termotivasi dan semangat.

Pada awal kegiatan Belajar Dari Rumah diterapkan terkait masa darurat pandemi Covid 19 menimbulkan kecemasan, apakah akan berjalan lancar atau sebaliknya. Tidak terbayangkan sebelumnya kegiatan pembelajaran seperti ini, karena panduan kurikulumnya belum ada. Namun seiring berjalannya waktu dan terbitnya panduan kurikulum darurat belajar dari rumah mulai terbiasa.

Tanggapan Orang Tua, Guru dan Siswa yaitu ;

1.   Tanggapan Orang Tua

Belajar dari rumah dimasa darurat pandemi Covid19 ini, awalnya tidak dipahami oleh orang

tua siswa, orang tua siswa beranggapan semua siswa diliburkan. Namun seiring berjalannya

waktu setelah berkomunikasi dengan orang tua siswa mereka baru mnayadari bahwa dalam

suasana pandemi ini pembelajaran tetap berjalan tetapi belajar dari rumah. Orang tua siswa

juga sangat bersyukur dengan adanya pembelajaran dirumah secara online anak-anak

memanfaatkan hp mereka untuka belajar bukan untuk main game.

2.    Tanggapan Guru

Belajar dari rumah  mempunyai tantangan tersendiri bagi guru, dimana guru harus mengusai

IT karena trend pembelajaran dan penilaian saat ini serara online.

3.  Tanggapan Siswa

Belajar dari rumah menggunakan Media Sosial sangatlah diminati siswa dimana

pembelajaran memanfaatkan HP atau Laptop yang merupakan gaya hidup mereka saat ini.

 

Kelebihan dan kekurangan menggunakan Whatsapp group

1.     Kelebihan

a.        Guru dapat memantau kegiatan belajar siswa

b.        Mudah diakses oleh siswa

2.     Kekurangan

a.        Membutuhkan akses internet yang memadai

b.        Ketersediaan sarana (HP,Laptop dan pulsa yang terbatas)

 

 

Kesimpulan :

Belajar dari rumah menggunakan Moda Daring melalui Whatsapp group ini menjadi suatu solusi yang tepat dalam memberikan pembelajaran kepada siswa meskipun dalam keadaan pandemi Covid19.

 

 



Cari Artikel Lain

Artikel terkait lainnya