Media loospart untuk Pembelajaran Sains Fisik Anak

  Disukai 8x
  Dilihat 204x

7:44 pm

refleksi

sumber ilustrasi : Aktivitas Anak TK ABA Gendingan Memanfaatkan Loosp
Sumber : Berbagai sumber
Penulis : ENING OPSIYAH
RPP Terkait : RPP Ayah Bunda (orang tua) dengan media loospart
Jenjang : PAUD/TK/RA
Kelas : PAUD
Mapel : Tematik

Media Loose Part untuk Pembelajaran Sains Fisik Anak 

 

Pembelajaran di masa covid 19 bagi anak usia dini menjadi sebuah tantangan bagi guru dan orang tua dalam proses pelaksanaannya. Tantangan tersebut terutama terkait dengan kebutuhan media pembelajaran yang sesuai dengan kondisi pembelajaran dari rumah dengan tetap memperhatikan tahapan tumbuh kembang anak. Untuk itu dibutuhkan media pembelajaran yang ketersediannya ada, fleksibel dan mudah didapat di lingkungan anak.

 

Loospart adalah media pembelajaran yang dapat dipindahkan, dibawa, digabungkan ditata ulang dipisahkan dan disatukan kembali dengan berbagai cara. Ada tujuh (7) jenis loosepart yang ada dapat dimanfaatkan untuk kegiatan belajar anak, yaitu bahan alam, plastik, logam, kayu dan bambu, kaca dan keramik benang dan kain, dan bekas kemasan. Loosepart menjadi wahana media pembelajaran yang memantik anak bereksplorasi tanpa batas dalam proses aktivitas belajarnya.

 

Pembelajaran sains fisik mengajak anak mengenal wujud fisik dari benda. Wujud fisik benda yang bisa dijadikan aktivitas belajar diantaranya mengenal ciri benda, berat, ukuran, warna, tekstur, suhu serta bagaimana benda bergerak dan berubah. Contoh kegiatan pembelajaran sains fisik yang dapat dilakukan dengan media loosepart diantaranya adalah:

1.    Mengenal ukuran benda dengan loosepart jenis plastik

Manfaatkan plastik berbagai bungkus benda/ makanan bekas pakai yang ada dirumah dengan berbagai ukuran. Letakan plastik tersebut di dalam sebuah wadah. Ajak anak menyortir plastik tersebut dalam tiga ukuran, yaitu besar, sedang dan kecil.

2.    Berekplorasi warna dengan loosepart bahan alam

Ampas kelapa yang sudah tidak terpakai dijemur sampai kering. Sediakan pewarna makanan dengam 3 warna dasar, yaitu merah, kuning dan biru. Ajak anak membagi ampas kelapa itu ke dalam tiga wadah yang berbeda. Masing masing wadah ampas kelapa tadi diberi pewarna makanan yang sudah disiapkan. Biarkan anak bereksplorasi mencampur pewarna makanan dengan ampas kelapa. Amati perubahan apa yang terjadi.

3.    Memanfaatkan botol kaca untuk perkusi

Sediakan beberapa botol kaca bekas minuman/ wadah bumbu dapur yang sudah bersih. Ajak anak mengisi botol tersebut dengan benda benda yang kecil, seperti kerikil, beras, kacang kacangan ataupun manik manik. Tutup kembali botol tersebut dan gerakan dengan memegang kuat. Ajak anak mengamati suara akibat pergerakan benda di dalam botol tersebut. 



Cari Artikel Lain

Artikel terkait lainnya