Matematika Informal dalam Pembelajaran Pola Bilangan Moda Daring

  Disukai
  Dilihat 1183x

9:06 am

refleksi

sumber ilustrasi : Dokumentasi pribadi, hasil tugas siswa
Sumber : I Putu Eka Wahyu Juliasta, M.Pd
Penulis : I PUTU EKA WAHYU JULIASTA
RPP Terkait : RPP POLA BILANGAN
Jenjang : SMP/MTS
Kelas : 8
Mapel : Matematika

Pola bilangan adalah salah satu materi di kelas VIII. Dalam pembelajaran pola bilangan siswa dibiasakan untuk menganalisis pola dan mengikuti aturan pola bilangan untuk menemukan suku tertentu dari pola tersebut. Secara tidak sadar sebenarnya pola bilangan sangat banyak digunakan dalam kehidupan seharai-hari. Dengan strategi pembelajaran yang tepat, pembelajaran pola bilangan dapat dikemas menggunakan benda-benda disekitar siswa. Pemanfaatan benda-benda di sekitar siswa dapat menjadi alternatif yang tepat dalam masa belajar di rumah. Siswa diberi kebebasan memilih objek yang digunakan untuk memvisualisasikan pola bilangan kemudian menemukan sendiri bentuk umum pola bilangan yang dipilihnya.

Pemanfaatan benda-benda di sekitar siswa untuk merepresentasikan pola bilangan bertujuan melibatkan aktivitas sosio kultural yang sudah biasa dilakukan siswa dalam kehiduan sehari-hari. Hal ini sesuai dengan teori yang dikemukakan Vygotsky (dalam Oer, 1996) bahwa pembelajaran bermakna melalui pelibatan Zone of proximal development salah satunya dilakukan melalui kegiatan yang sesuai dengan sosiokultural siswa.

Pembelajaran daring menggunakan aplikasi telegram, dilaksanakan dengan metode syncronus learning. Pembelajaran ini dimulai dengan pengenalan materi pola bilangan secara umum melalui pdf dokumen dan video yang dikemas di google site. Siswa mengakses sumber belajar ini pada laman https://sites.google.com/view/sukamatika/pola-bilangan?authuser=0. Selanjutnya siswa diajak berdiskusi secara tertulis mengenai video yang sudah disimak. Sebagai tugas, siswa diminya memvisualisasikan pola bilangan menggunakan benda-benda di sekitarnya. Berikut ini adalah dua contoh visualisasi pola bilangan yang dibuat siswa

Gambar 1. Susunan manik-manik sebagai visualisasi beberapa pola bilangan

Gambar 2. Susunan biji jagung sebagai visualisasi pola bilangan persegi

Pada akhir pembelajaran guru memebeirkan apresiasi kepada beberapa karya siswa yang terbaik. Guru juga memberikan masukan dan penjelasan mengenai pola-pola yang sudah divisualisasikan oleh siswa. Selain penugasan, juga dilaksanakan evaluasi formatif menggunakan fasilitas kuis/poll di telegram.

Secara umum respon siswa sangat baik dalam pembelajaran. Hal ini disebabkan pembelajaran melibatkan kegiatan nyata yang erat kaitannya dengan kehidupan sehari-hari siswa. Siswa juga tidak dibebani dengan tugas yang terlalu berat dengan batasan waktu yang cukup fleksibel. Tugas yang diberikan memberikan kesempatan berkreasi kepada siswa. Guru berupaya memberikan umpan balik yang positif terhadap tugas yang dikumpulkan siswa. Respon siswa juga diketahui melalui polling yang dilakukan di akhir pembelajaran Hasil polling menunjukkan 97% siswa merasakan senang dan 3% siswa menyatakan pembelajaran yang diikutinya biasa saja. Seluruh siswa yang mengikuti pembelajaran juga mengumpulkan tugas yang diberikan.

Pembelajaran yang dilakukan ternyata mampu memunculkan aktvitas matematis yang bermakna dalam pembelajaran daring. Hal ini didukung dengan pembentukan konsep pola bilangan melalui aktivitas matematika informal yang sesuai dengan kehidupan sehari-hari siswa. Aktivitas matematika yang muncul dalam pembelajaran melibatkan kondisi sosio kultural siswa, dimana siswa dapat memilih pola dan jenis representasi yang diinginkan sesuai dengan apa yang dekat dalam kehidupan sehari-harinya. Pembelajaran seperti ini sesuai dengan teori pedagogik dalam pembelajaran matematika yang disampaikan oleh Oer (1996).

Melihat pembelajaran yang sudah dilakukan, pembelajaran matematika yang melibatkan lebih banyak kondisi kontekstual siswa dan melibatkan matematika informal dapat menjadi salah satu pilihan dalam pembelajaran matematika dari rumah selama masa darurat COVID-19.



Cari Artikel Lain

Artikel terkait lainnya