Kegiatan Pembelajaran melalui Blog/Website dalam Masa Pandemi COVID-19

  Disukai 9x
  Dilihat 522x

1:40 pm

refleksi

sumber ilustrasi : Dokumen pribadi
Sumber : Mushlihatun Syarifah
Penulis : MUSHLIHATUN SYARIFAH
RPP Terkait : RPP Kelas VII Semester 1
Jenjang : SMP/MTS
Kelas : 7
Mapel : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)

Kegiatan pembelajaran secara daring melalui blog https://www.msyarifah.my.id/ yang dilaksanakan untuk menghadapi pandemi COVID-19. Kegiatan pembelajaran ini merupakan perbaikan dari kegiatan pembelajaran online yang dilaksanakan sebelumnya yaitu pembelajaran melalui Facebook.

Konsep kegiatan pembelajaran dilaksanakan dengan mendorong peserta didik untuk belajar secara aktif dan mengerjakan soal maupun proyek secara online. Peserta didik didorong untuk menuliskan jawaban melalui kolom komentar. Permasalahan yang timbul ketika menggunakan Facebook adalah peserta didik dapat melihat jawaban dari peserta lainnya. Oleh karena itu, konsep pembelajaran secara online diubah menggunakan blog agar jawaban dari peserta didik tidak langsung terlihat secara publik sehingga dapat memberikan kesempatan kepada peserta didik lainnya untuk memberikan jawaban sesuai pemahamannya masing-masing.

Gambar: Tampilan Blog msyarifah.my.id

Kegiatan pembelajaran secara online melalui blog didasarkan pada kebijakan pemerintah tentang merdeka belajar. Melalui kegiatan pembelajaran tersebut siswa diajak untuk belajar secara aktif, membangun pengetahuan secara mandiri dengan memanfaatkan berbagai sumber belajar baik sumber luring melalui buku maupun sumber-sumber daring seperti website, jurnal dan lain-lain. Dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran tersebut, peserta didik dapat belajar kapan dan di mana saja.

Guru bertindak sebagai fasilitator yaitu dengan menentukan topik kegiatan pembelajaran dan memberikan pertanyaan maupun proyek yang harus dikerjakan oleh peserta didik. Selama kegiatan pembelajaran guru memastikan setiap peserta didik memiliki kemampuan untuk belajar secara aktif. Sebagai contoh dengan memastikan peserta didik memiliki keterampilan literasi agar dapat melakukan pencarian melalui internet terhadap topik yang sedang dikerjakan. Guru juga mendorong peserta didik agar melakukan diskusi dengan teman mereka melalui platform media sosial seperti Facebook, WhatsApp dan lain-lain.

Hasil dari kegiatan pembelajaran tersebut adalah meningkatnya keterampilan peserta didik dalam belajar mulai dari keterampilan literasi dan keterampilan abad 21 (4Cs). Kemampuan peserta didik untuk berkomunikasi dan berkolaborasi semakin baik, seiring dengan meningkatnya keterampilan literasi akhirnya peserta didik dapat memiliki kemampuan untuk berpikir kritis dan kreatif. Dengan melaksanakan kegiatan pembelajaran daring melalui blog, peserta didik dapat memiliki keterampilan berpikir tingkat tinggi melalui sebuah kegiatan pembelajaran yang menantang dan menyenangkan. Peserta didik memberikan tanggapan yang baik terkait dengan kegiatan pembelajaran yang baru, menarik dan menyenangkan. Mereka tetap dapat belajar walaupun harus di rumah saja. Salah satu kendala yang dikeluhkan adalah pembelajaran daring masih menggunakan kuota internet berbayar dan tidak gratis. Perlu dicoba kegiatan pembelajaran daring lainnya yang dapat meminimalkan penggunaan kuota internet sehingga peserta didik dapat belajar secara lebih leluasa.(Mushlihatun Syarifah, Guru SMPN 8 Salatiga, Kota Salatiga, Jawa Tengah)



Cari Artikel Lain

Artikel terkait lainnya