Keberagaman Suku, Agama, Ras dan Antargolongan dalam Bingkai Bhineka Tunggal Ika

  Disukai
  Dilihat

2:10 pm

refleksi

sumber ilustrasi : peserta didik belajar dirumah
Sumber : Munita, S.Pd
Penulis : MUNITA
RPP Terkait : Keberagaman Suku, Agama, Ras dan Antargolongan
Jenjang : SMP/MTS
Kelas : 7
Mapel : Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PKN)

Keberagaman Suku, Agama, Ras dan Antargolongan dalam Bingkai Bhineka Tunggal Ika

Masyarakat Indonesia diwarnai oleh berbagai macam perbedaan sebagai akibat dari kondisi kewilayahan, suku bangsa, budaya, agama dan adat istiadat. Perbedaan dalam masyarakat keberagaman Indonesia yang dapat dirangkai dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika.

 

A.   Makna Bhinseka Tunggal Ika

Semboyan Bhineka Tunggal Ika tertulis pada lambang n egara Indonesia yaitu Garuda Pancasila. Semboyan Bhineka Tunggal Ika berarti berbeda-beda tetap satu. Makna Bhineka Tunggal Ika adalah meskipun berbeda-beda tetapi pada hakikatnya bangsa Indonesia tetap satu kesatuan. Semboyan ini menggambarkan persatuan dan kesatuan bangsa indonesia yang memiliki keberagman suku bangsa, budaya, bahasa daerah, agama dan kepercayaan ras maupun merawat Bhineka Tunggal Ika.

.

1.      keberagaman

Keberagaman dalam masyarakat Indonesia antara lain meliputi suku bangsa, agama, ras, budaya dan antargolongan.

Faktor penyebab keberagaman masyarakat Indonesia antara lain:

1.  Letak strategis wilayah Indonesia

2.     Kondisi negara kepulauan

3.     Perbedaan kondisi alam

4.     Keadaan transportasi dan komunikasi

5.     Penerimaan masyarakat terhadap perubahan

Keberagaman masyarakat Indonesia memiliki dampak positif sekaligus dampak negatif bagi diri sendiri, masyarakat, bangsa dan negara.Dampak positif, keberagaman memberikan manfaat bagi perkembangan dan kemajuan. Sedangkan dampak negatifnya mengakibatkan ketidak harmonisan bahkan perpecahan bangsa dan negara.

2.      Keberagaman dalam bingkai Bhineka tunggal Ika

Keberagaman masyarakat Indonesia memiliki arti penting sebagai berikut :

·        Keberaganman tersebut akan menjadi modal sosial yang besar untuk membangun bangsa dan negara.

·        Sebaliknya, bila kebergaman tersebut tidak dapat dikelola dengan baik dan tidak dalam bingkai Bhineka Tunggal Ika,maka dapat menjadi penyebap timbulnya konflik yang membahayakan keutuhan bangsa dan negara Indonesia.

Dengan demikian, semboyan Bhinneka Tunggal Ika dipergunakan sebagai upaya mempertahankan persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia. Meskipun berbeda-beda suku bangsa, adat istiadat, ras dan agama, masyarakat Indonesia tetap bersatu dalam perjuangan mengisi kemerdekaan. Untuk mewujudkan cita-cita negara yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur. Keberagaman bukan unsur perpecahan namun justru yang menciptakan kesatuan bangsa melalui semboyan Bhinneka Tunggal Ika. Kesatuan adalah upaya untuk mempersatukan perbedaan suku, adat istiadat, ras dan agama untuk menjadi satu yaitu bangsa Indonesia.

 Semboyan Bhinneka Tunggal Ika berarti berbeda-beda tetapi tetap satu. Makna BhinnekTunggal Ika adalah meskipun berbeda-beda tetapi pada hakikatnya bangsa Indonesia tetap satu kesatuan. Semboyan ini menggambarkan persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia yang memiliki keberagaman suku bangsa, budaya, bahasa daerah, agama dan kepercayaan, ras maupun Merawat Bhinneka Tunggal Ika.

 



Cari Artikel Lain

Artikel terkait lainnya