Keberagaman Dalam Masyarakat Indonesia

  Disukai
  Dilihat

1:33 pm

refleksi

sumber ilustrasi : Gambar pribadi
Sumber : Munira, SH
Penulis : MUNIRA
RPP Terkait : RPP 1 LEMBAR PKN KELAS X
Jenjang : SMA/MA
Kelas : 10
Mapel : Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PKN)

KEBERAGAMAN DALAM MASYARAKAT INDONESIA

Keberagaman adalah suatu kondisi dalam masyarakat yang terdapat banyak perbedaan dalam berbagai bidang, seperti dalam hal suku, bangsa, ras, keyakinan, dan antar golongan dalam bingkai Bhineka Tunggal Ika. Keanekaragaman yang dimiliki Bangsa Indonesia merupakan kekayaan dan keindahan bangsa.

Keberagaman Bangsa Indonesia terbentuk oleh jumlah suku yang mendiami wilayah Indonesia yang tersebar dimana-mana, dan setiap suku tersebut mempunyai ciri atau karakter tersendiri baik dalam aspek sosial maupun budaya.

Keberagaman masyarakat Indonesia memiliki dampak positif bagi diri sendiri, masyarakat, bangsa dan Negara. Dampak positif memberikan manfaat bago perkembangan dan kemajuan, sedangkan dampak negatif mengakibatkan ketidakharmonisan bahkan kehancuran bangsa dan Negara.

Keberagaman suku, budaya, ras, agama dan antar golongan menjadi daya tarik wisatawan asing untuk berkunjung ke Indonesia. Kita tidak hanya memiliki keindahan alam tetapi juga keindahan dalam keberagaman masyarakat Indonesia.

Persatuan dan kesatuan disebuah Negara yang beragam dapat diciptakan salah satunya dengan perilaku masyarakat yang menghormati keberagaman bangsa dalam wujud perilaku toleransi terhadap keberagaman tersebut. Sikap toleransi berarti menahan diri, bersikap sabar, membiarkan orang berpendapat lain dan berhati lapang terhadap orang orang yang memiliki pendapat yang berbeda. Toleransi sejati didasarkan sikap hormat terjhadap martabat manusia, hati nurani, dan keyakinan, serta keikhlasan sesama apapun agama, suku, golongan, idiologi atau pandangannya

Keberagaman yang dimiliki bangsa Indonesia merupakaan kekayaan yang sangat berharga. Sehingga Indonesia menggunakan semboyan “Bhineka Tunggal Ika”, yang artinya berbeda-beda tetap satu jua. Makna semboyan Bhinneka Tunggal Ika mengandung bahwa walaupun bangsa Indonesia terdiri atas berbagai macam suku bangsa, adat-istiadat, ras dan agama yang beraneka ragam namun keseluruhannya merupakan suatu persatuan dan kesatuan. Mereka bisa bersama-sama dalam perjuangan mengisi kemerdekaan untuk mewujudkan cita-cita negara yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur. Dengan keberagaman untuk mempersatukan perbedaan suku, adat istiadat, ras, dan agama bukan untuk perpecahan.

Adanya keberagaman tersebut menjadi tantangan bagi bangsa Indonesia. Pemerintah memiliki peran penting untuk menjaga perbedaan tersebut. Tumbuhnya perasaan kedaerahan dan kesukuan yang berlebihan dapat mengancam keuntuhan bangsa dan negara. Sehingga perlu adanya kerukunan antar suku, pemeluk agama, dan kelompok-kelompok sosial. Itu bukan hanya peran pemerintah tapi juga adanya keinginan bangsa Indonesia untuk tetap bersatu mempertahankan kebhinekaan



Cari Artikel Lain

Artikel terkait lainnya