Istiqomah adalah penawar Kerisauan Ummat Masa Pandemi covid-19

  Disukai 2x   Dilihat 25x

10:33 am

refleksi

sumber ilustrasi : google
Sumber : ASPIR
Penulis : ASPIR
RPP terkait : ISTIQAMAH KUNCI KEBERHASILANKU

Istiqomah adalah penawar Kerisauan Ummat

Masa Pandemi covid-19

 

Pandemi Covid-19 adalah sebuah Ujian yang menimpa tatanan kehidupan normal umat manusia mulai dari level internasional, hingga ke dalam rumah tangga. Ia menjadi musuh bersama yang harus dilawan dan dimusnahkan dengan cara, memutus mata rantai penyebarannya.

Sudah terhitung kurang lebih 4 bulan kita semua mengalami masa pandemi akibat virus covid-19 ini dan mengharuskan kita semua berada di rumah saja untuk sementara waktu, salah satunya yang dilakukan di rumah saja ialah belajar dan mengajar.

Istiqamah adalah sikap teguh pendirian, dan konsekuen dalam tindakan. Istiqamah adalah sikap hati yang tidak mudah patah, tidak mudah diguncang badai dan istiqamah adalah sikap memegang teguh kebenaran. Seseorang yang istiqamah pastilah tidak akan goyah walaupun diterjang gelombang besar. Maka sikap istiqomah merupakan sikap positif yang harus dimiliki seorang muslim, termasuk pelajar yang sedang dalam masa perjuangan menggapai cita dan asa.

Optimis, ikhtiar dan tawakal dalam Islam merupakan satu mata rantai yang tak dapat dipisahkan. Kita hidup di dunia ini pastilah mempunyai harapan, dan Harapan kita semua saat ini adalah pandemi covid-19 yang melanda dunia saat ini segera berakhir. Tanpa adanya harapan itu, kita semua tidak mempunyai arti sebagai manusia.

Sebagai seorang muslim, kita harus optimis dalam menghadapi ujian atau cobaan, semua persoalan kita serahkan kepada ALLAH disertai usaha semaksimal mungkin, sebab hanya ALLAH tempat meminta dan tempat berlindung bagi makhluk-Nya. Orang Islam tidak mengenal kata pesimis dalam kamus hidupnya, sebab pedoman yang telah dipegang teguh adalah al-Quran dan al-Hadis. Pernahkah terpikir oleh kita bahwa segala rintangan, kesulitan yang kita hadapi menjadikan kita kian pakar dan bertambah pengalaman dalam segala hal? Sungguh indah ayat cintaNya tentang sikap optimis yang harus ditanamkan dalam diri kita, Alam Nasyrah, “… karena. sesungguhnya sesudah kesulitan ada kemudahan, sesungguhnya sesudah kesulitan ada kemudahan.”

Seseorang yang di dalam dirinya berpegang teguh kepada sifat istiqomah, maka ia akan senantiasa kokoh di dalam menjaga aqidah mereka. Dan tidak pula akan goyah dari sisi keimanannya dalam menjalani berbagai tantangan kehidupan, seperti yang kita alami saat ini. Hampir seluruh dunia terjangkit virus yang mematikan Virus covid 19, sehingga berdampak pada amalan-amalan agama, meskipun demikian jika senantiasa konsisten dan Istiqomah tidak akan roboh dari sisi keimanan.

Selain itu, kita juga harus bersabar di dalam menjalani semua itu. Kita berharap kondisi yang saat ini melanda negeri kita tercinta segera berakhir, tetap istiqomah dan optimis. Karena istiqomah sendiri adalah hal yang sangat sulit untuk diwujudkan. Untuk memulainya sangat sulit sehingga kita harus benar-benar memaksa diri dalam hal ini. Namun, jika sudah terbiasa, maka akan ringan untuk dilakukan.

Istiqomah adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan sehingga benar-benar menjadikan keimanan seseorang semakin sempurna dan berkualitas. Dengan demikian, semua yang dilakukan memberikan manfaat dan mengantarkan seseorang menuju surga.



Cari Artikel Lain

Artikel terkait lainnya