Flora,fauna dan alam benda

  Disukai
  Dilihat 8294x

10:17 am

refleksi

sumber ilustrasi : http://www.abraham-maslow.com/pengetahuan/apa-itu-
Sumber : Buku seni budaya kelas 7
Penulis : SYAMSIAR
RPP Terkait : Flora,fauna dan alam benda
Jenjang : SMP/MTS
Kelas : 7
Mapel : Seni budaya

Mengenal Flora Dan Fauna

Flora dan fauna adalah kata-kata yang berasal dari bahasa Latin. Flora dalam bahasa Latin berarti dewi bunga. Flora juga berasal dari kata floral, yang berarti berhubungan dengan bunga. Oleh karena itu flora adalah kelompok tanaman asli di ekosistem suatu wilayah geografis. Asal kata fauna sedikit terselubung misteri. Menurut mitologi Romawi, Fauna mengacu pada dewi kesuburan. Fauna kadang disebut sebagai Fauns, yang berarti roh hutan. Menurut definisi, fauna adalah kelompok hewan asli dari wilayah geografis manapun.

Jadi, istilah flora dan fauna diciptakan oleh ahli biologi untuk merujuk pada kumpulan tumbuhan dan hewan yang ditentukan di lokasi geografis tertentu. Inilah sebabnya mengapa Anda mendengar ungkapan seperti flora dan fauna India, flora, dan fauna Indonesia dan sebagainya

ALAM BENDA merupakan salah satu objek dalam seni menggambar berupa benda-benda yang dibentuk oleh alam dan benda-benda yang merupakan buatan tangan manusia. 

Contoh alam benda buatan alam adalah air, bebatuan, gunung, batang kayu, awan dan lain lain. Sementara contoh alam benda buatan manusia adalah meja, kursi, kendi, piring, gelas, bangunan dan lain lain.

JENIS-JENIS FLORA

Indonesia terdapat bermacam-macam tumbuhan dan hewan. Kekayaan flora di Indonesia dapat dibuktikan dengan adanya sekitar 4.000-an jenis pohon-pohonan, 1.500-an jenis pakis-pakisan, dan 5.000-an jenis anggrek. Keberagaman jenis flora ini dipengaruhi oleh kondisi iklim, jenis tanah, keadaan air, topografi yang terdapat di tiap-tiap daerah. Adapun pembagian jenis flora di Indonesia adalah sebagai berikut:

  • Hutan Musim: Terdapat di daerah Indonesia yang memiliki suhu udara tinggi dan memiliki perbedaan kondisi tumbuhan di musim hujan dan musim kemarau. Pada musim kemarau pohonnya akan meranggas dan pada musim hujan akan tumbuh hijau kembali. Contoh hutan musim ialah hutan jati dan kapuk randu. Hutan musim banyak terdapat di Jawa Tengah dan Jawa Timur.
  • Hutan Hujan Tropis: Terdapat di daerah yang curah hujannya tinggi. Indonesia beriklim tropis dan dilalui garis khatulistiwa sehingga Indonesia banyak memperoleh sinar matahari sepanjang tahun, curah hujan tinggi dan temperatur udara tinggi. Di Indonesia hutan hujan tropis terdapat di Pulau Sumatera, Kalimantan, Sulawesi dan Papua.
  • Sabana: Terdapat di daerah yang curah hujannya sedikit. Sabana berupa padang rumput yang diselingi pepohonan yang bergerombol. Sabana terdapat di Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur.
  • Steppa: Adalah padang rumput yang sangat luas. Stepa terdapat di daerah yang curah hujannya sangat sedikit atau rendah. Stepa terdapat di Nusa Tenggara Timur,baik untuk peternakan.
  • Hutan Bakau atau Mangrove: Adalah hutan yang tumbuh di pantai yang berlumpur. Hutan bakau banyak terdapat di pantai Papua, Sumatera bagian timur, Kalimantan Barat dan Kalimantan Selatan

Manfaat Flora Untuk Kehidupan

Adapun manfaat flora dalam kehidupan antara lain:

Sebagai Pemasok Oksigen

Fungsi utama untuk flora adalah sebagai pemasok oksigen. Seluruh makhluk hidup membutuhkan oksigen untuk bertahan hidup. Satu-satunya penghasil oksigen di dunia merupakan tumbuhan berdaun hijau. Melalui proses fotosintesis, tumbuhan hijau melepaskan oksigen ke udara menjadikan memberikan kehidupan untuk makhluk hidup lain termasuk hewan dan manusia. Hutan yang adalah bagian dari paru-paru dunia juga tersusun atas flora itu sendiri.

Sebagai Sumber Makanan

Tumbuhan atau flora menjadi penyedia sumber makanan baik dari daun, batang, bagian-bagian bunga ataupun buahnya. Tumbuhan juga menjadi bagian dari rantai makanan menjadikan bisa menjaga keseimabgan hayati.

Beberapa jenis makanan bisa diolah oleh manusia dan dinikmati menjadi sumber gizi dari adanya tumbuhan. Tumbuhan juga bisa dikembangkan sesuai dengan kebutuhan manusia.

Penyimpanan Cadangan Air di Dalam Tanah

Akar-akar tumbuhan bisa menahan air didalam tanah menjadikan dapat memberikan persediaan air untuk makhluk hidup lainnya.

Penghasil Kayu

Sebagian jenis tumbuhan yang membentuk hutan, bisa menjadi sumber penghasil kayu untuk memenuhi berbagai keperluan manusia. Kayu digunakan sebagai bahan membuat rumah ataupun perabotan. Dan juga dapat dijadikan bahan baku dalam pembuatan kertas.

Menahan Longsor

Manfaat berikutnya dari tumbuhan yaitu sebagai penahan terjadinya tanah longsor karena akar-akar pohon besar bisa menjadi penahan terjadinya tanah longsor. Oleh sebab itu penghijauan atau reboisasi sangat diperlukan.

Menjaga Kesuburan Tanah

Flora juga mempunyai fungsi dalam menjaga kesuburan tanah sebab tumbuhan yang mati menghasilkan humus menjadikan keseimbangan ph tanah terjada serta menjaga tanah supaya tetap subur untuk memberikan nutrisi kembali pada makhluk hidup yang tumbuh di permukaannya



Cari Artikel Lain

Artikel terkait lainnya