Berbeda-Beda Tetapi Tetap Satu

  Disukai
  Dilihat

1:55 pm

refleksi

sumber ilustrasi : Rasmia, S.Ag
Sumber : Rasmia, S.Ag
Penulis : RASMIAH S.Ag
RPP Terkait : Keberagaman dalam masyarakat Indonesia
Jenjang : SMP/MTS
Kelas : 7
Mapel : Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PKN)

 Berbeda-Beda Tetapi Tetap Satu

By Rasmia,S.Ag

Keanekaragaman suku bangsa Indonesia sejak zaman dahulu dikenal sebagai masyarakat yang majemuk. Hal ini tercermin dari semboyan “ Bhineka Tunggal Ika”. Yang artinya berbeda-beda tetap tetap satu. Kemajemukan yang ada terdiri atas keragaman suku bangsa, budaya, agama, ras dan bahasa.

Adat istiadat, kesenian, kekerabatan, bahasa, dan bentuk fisik yan dimiliki oleh suku-suku bangsa yang ada di Indonesia memang berbeda, namun selain perbedaan suku-suku itu juga memiliki persamaan antara lain hukum, hak milik tanah, persekutuan, dan kehidupan sosialnya yang berasaskan kekeluargaan.

Suku bangsa adalah golongan manusia yang terikat oleh kesadaran dan identitas akan kesatuan kebudayaan. Orang-orang yang tergolong dalam satu suku bangsa tertentu, pastilah mempunyai kesadaran dan identitas diri terhadap kebudayaan suku bangsanya, misalnya dalam penggunaan bahasa daerah serta mencintai kesenian dan adat istiadat. Suku-suku bangsa yang tersebar di Indonesia merupakan warisan sejarah bangsa, persebaran suku bangsa dipengaruhi oleh faktor geografis, perdagangan laut, dan kedatangan para penjajah di Indonesia.

Sikap menghormati keragaman suku Bangsa Bhineka Tunggal Ika merupakan semboyan bangsa kita yang mengungkapkan persatuan dan kesatuan yang berasal dari keanekaragaman. Walaupun kita terdiri atas berbagai suku yang beraneka ragam budaya daerah, namun kita tetap satu bangsa Indonesia, memililki bahasa dan tanah air yang sama, yaitu bahasa Indonesia dan tanah air Indonesia. Begitu juga bendera kebangsaan merah putih sebagai lambang identitas bangsa dan kita bersatu padu di bawah falsafah dan dasar Negara Pancasila.

Kita sebagai bangsa Indonesia harus bersatu padu agar menjadi satu kesatuan yang bulat dan utuh. Untuk dapat bersatu kita harus memiliki pedoman yang dapat menyeragamkan pandangan kita dan tingkah laku kita dalam kehidupan sehari-hari. Dengan demikian, akan terjadi persamaan langkah dan tingkah laku bangsa Indonesia. Pedoman tersebut adalah, bahwa Pancasila, harus dapat meningkatkan rasa persaudaraan dengan berbagai suku bangsa di Indonesia.

Membiasakan bersahabat dan saling membantu dengan sesama warga yang ada dilingkungan kita, seperti gotong royong akan dapat memudahkan tercapainya persatuan dan kesatuan bangsa. Bangsa Indonesia harus merasa satu, senasib sepenanggungan, sebangsa dan sehati dalamkekuatan wilayah nasional dengan segala isi dan kekayaannya  merupakan satu kesatuan wilayah.

Dalam mengembangkan sikap menghormati terhadap keragaman suku bangsa, dapat terlihat dari sifat dan sikap dalam kehidupan sehari-hari, diantaranya adalah sebagai berikut :

Kehidupan bermasyarakat tercipta kerukunan seperti halnya dalam sebuah keluarga.

Antara warga masyarakat terdapat semangat tolong menolong, kerjasama untuk menyelesaikan suatu masalah, dan kerjasama dalam memenuhi kebutuhan hidupnya.



Cari Artikel Lain

Artikel terkait lainnya