Berbagi Informasi Awal Covid-19 melalui Surat Pribadi

  Disukai
  Dilihat 535x

9:19 am

refleksi

sumber ilustrasi : https://app.schoology.com/course/2160617135/materi
Sumber : app.schoology.com, buku paket, video pembelajaran
Penulis : MUHAMMAD YUSUF SAPUTRO
RPP Terkait : Surat Pribadi Informasi Awal tentang Covid-19
Jenjang : SMP/MTS
Kelas : 7
Mapel : Bahasa Indonesia

Berbagi Informasi Awal Covid-19 melalui Surat Pribadi

Seriring dengan kebijakan pemerintah #BelajarDariRumah dan #BekerjaDariRumah tentu guru dapat menglihkan pembelajran tatap muka menjadi pembelajaran berbasis virtual. Dalam konteks penyebaran covid-19 ini baiknya setiap pembelajaran yang berlangsung selalu beriringan sebagai upaya sosialisasi pencegahan covid-19. Pembelajaran surat pribadi yang dilaksanakan memiliki tujuan untuk siswa dapat menuliskan informasi-informasi pribadi dengan sitematika/struktur surat yang benar dengan bahasa yang santun, yang berisi tentang upaya-upaya pencegahan covid-19 yang diinformasikan kepada teman/keluarga terdekat.

Dalam pembelajaran jarak jauh ini, guru dapat memanfaatkan berbagai  media daring, yaitu zoom, LMS Schoology¸ LMS rumah belajar, WA grup, dan lain sebagainya. Tentu juga dengan menerapkan salah satu metode pembelajaran yang sesuai dengan keadaan yang ada. Metode pembelajaran yang dipilih untuk menyampaikan materi ini adalah discovery learning berbasis pembelajaran daring.

Proses Pembelajaran

1.     Stimulasi

Guru menayangkan video surat pribadi dan menampilkan PPt, siswa secara berpasangan mengidentifikasi berdasarkan tabel pengamatan yang dibagikan.

Siswa secara aktif menanyakan hal-hal yang berkaitan dengan isi dan ciri surat pribadi secara lisan.

2.     Identifikasi

Siswa menyusun draf definisi dari hasil diskusi berpasangan dan mendata ciri-ciri teks deskripsi dari video dan teks tulis.

Siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan berkaitan dengan isi teks yang dibaca dan dapat membuktikannya.

3.     Pengumpulan dan Pengolahan Data

Siswa mencari berbagai informasi terkait covid-19 cara pencegahan dan hal-hal yang akan diinformasikan pada teman/saudara melalui surat pribadi yang dibuat dan dikirim melalui pos-el.

4.     Pembuktian

Siswa mempresentasikan hasil tulisan surat pribadi dalam forum diskusi LMS Schoology yang disediakan.

5.     Simpulan

Siswa bersama guru menyimpulkan definisi dan ciri surat secara keseluruhan dengan prinsip-prinsip umum hasil pembahasan bersama serta pengarahan terkait covid-19.

Dalam pembelajaran siswa sangat aktif dalam memahami surat pribadi melalui zoom, dan PPt yang ditampilkan. Selain itu, siswa juga diberikan kesempatan untuk melakukan literasi (membaca) terkait covid-19, diskusi berjalan dengan seru. Siswa menemukan hal-hal baru dan dapat menerapkan informasi diperoleh untuk dirinya sendiri sebelum dibagikan untuk teman/keluarganya. Dengan pembelajaran menggunakan teknologi ini pun, siswa cenderung lebih antusias walau terkadang terkendala karena gangguan koneksi yang kurang stabil.

Dari pembelajaran tersebut guru menyadari bahwa penggunaan teknologi bukanlah menjadi beban yang menghalangi proses belajar, padahal pada hakikatnya teknologi ini memberikan jalan keluar dalam situasi yang mengharuskan untuk tidak bersemuka secara klasikal. Hal itu membuktikan era perkembangan abad-21 ini, serta pembelajaran dengan generasi milenial penggunaan teknologi menjadi kewajiban yang tidak dapat ditinggalkan. Belajar itu sebenarnya dapat dilakukan di mana saja, kapan saja, dengan siapa saja pada berbagai media yang ada.

Pada pembelajaran selanjutnya guru dapat mengembangkan potensi yang ada pada karakteristik materi serta keterkaitannya dengan keadaan siswa atau lingkungan agar pembelajaran selalu berkembang.

Hasil-Hasil Pembelajaran Siswa



Cari Artikel Lain

Artikel terkait lainnya