BDR dengan Modul Pembelajaran

  Disukai 12x
  Dilihat 1036x

4:13 pm

refleksi

sumber ilustrasi : https://bobo.grid.id/read/082065091/e-learning-dil
Sumber : Nur Dewi Fattah
Penulis : NUR DEWI FATTAH
RPP Terkait : Keberagaman dalam masyarakat Indonesia
Jenjang : SMP/MTS
Kelas : 7
Mapel : Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PKN)

BDR dengan Modul Pembelajaran

 

Ketika pemerintah mengeluarkan kebijakan tentang belajar di rumah secara tiba-tiba akibat adanya virus Corona tentunya sebagai pendidik merasa kaget dan bingung, lah terus..! bagaimana pembelajaran yang harus kami lakukan? sementara para peserta didik langsung di himbau untuk melakukan pembelajaran dari rumah. Ketidaksiapan membuat kami kalangkabut untuk mempersiapkan pembelajaran seperti apa yang harus dibuat. Tentunya untuk menyampaikan materi atau tugas kepada siswa, pendidik harus meramu materi serta model pembelajaran yang akan disampaikan kepada peserta didik yang berada di rumah.

Pembelajaran yang dilakukan secara daring menuai kontroversi diantara kalangan guru, utamanya tentang penggunaan pembelajaran yang berbasis IT. Karena tidak semua pendidik bisa menggunakan pembelajaran dengan menggunakan aplikasi. Begitupun dengan para peserta didik, karena tidak semua peserta didik mempunyai HP android dan memiliki paket data terbatas. Akhirnya pilihan terbaik dalam menyampaikan pesan atau materi kepada peserta didik dalam RPP ini dengan menggunakan pembelajaran jarak jauh yang tidak menggunakan jaringan internet atau pembelajaran luar jaringan (luring) dengan memakai Modul Pembelajaran yang dibagikan kepada peserta didik dengan cara orang tua menjemput atau pendidik mengantarkan modul pembelajaran.

Modul pembelajaran merupakan satuan program belajar mengajar yang terkecil, yang dipelajari oleh siswa sendiri secara perseorangan atau diajarkan oleh siswa kepada dirinya sendiri (self-instructional) (Winkel, 2009:472). Modul pembelajaran adalah bahan ajar yang disusun secara sistematis dan menarik yang mencakup isi materi, metode dan evaluasi yang dapat digunakan secara mandiri untuk mencapai kompetensi yang diharapkan (Anwar, 2010). Modul Pembelajaran dapat dirumuskan sebagai unit yang lengkap dan berdiri sendiri dan terdiri atas suatu unit rangkaian kegiatan yang disusun membantu siswa mencapai sejumlah tujuan yang dirumuskan secara khusus dan jelas (S. Nasution, 2003: 205).

Dari beberapa pengertian di atas dapat penulis simpulkan bahwa Modul Pembelajaran adalah Satuan program belajar mengajar terkecil, disusun secara menarik dan sistematis yang memuat materi, tujuan, metode, serta penilaian yang dengan sengaja di rencanakan oleh pendidik dan digunakan untuk membantu peserta didik belajar sendiri. Pembelajaran ini sangat cocok di gunakan pada masa pandemi Covid 19 dengan pembelajaran jarak jauh luar jaringan.

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dengan  materi keberagaman masyarakat Indonesia  menggunakan model pembelajaran Mind Mapp dengan harapan dapat meningkatkan kreatifitas siswa dalam mengolah daya imajinasinya yang dituangkan dalam gambar yang menarik, membuat peta pikiran yang berpusat di tengah yang mempunyai cabang-cabang yang saling berkaitan. Peserta didik dapat membaca atau menelaah, mendeskripsikan serta menyajikan hasil telaah makna keberagaman dan macam-macam keberagaman dalam masyarakat Indonesia, dengan mengembangkan nilai karakter sikap jujur dan percaya terhadap Tuhan Yang Maha Esa, sikap peduli, percaya diri, tanggungjawab dan disiplin.

Kegiatan pembelajaran Luring sebagaimana dengan pembelajaran yang kita lakukan dalam kelas, juga langkah awal sebagai pendidik memberi salam dan memberikan motivasi – motivasi terkait pencegahan penyebaran virus Corona yang dilakukan dirumah, misalnya selalu menjaga kesehatan diri, bagaimana meningkatkan imun dalam tubuh, memakai masker ketika keluar rumah dan rajin mencuci tangan dengan sabun. Selanjutnya menyampaikan tujuan dan indikator- indikator yang akan dicapai, serta aspek-aspek apa yang akan dinilai dalam modul pembelajaran baik dari penilaian sikap, pengetahuan, dan ketrampilan.

Peserta didik akan mengamati, menyimak, serta mengidentifikasi gambar tentang keberagaman agama dan memberikan tanggapannya dalam kolom  modul 1 yang telah disiapkan, membaca dan menyimak materi pengertian keberagaman dan macam- macam keberagaman suku, agama, ras, antargolongan, dan gender dengan membuat tiga pertanyaan dan dijawab dalam kolom modul 2, serta langkah-langkah aktifitas yang akan dilakukan dalam model pembelajaran mind mapp. selanjutnya menelaah tugas membuat peta pikiran dalam bentuk gambar yang menarik dengan memilih salah satu keberagaman yang ada di Indonesia, yakni keberagaman suku, agama, ras, dan antargolongan, yang dibuat di kertas HVS. Setelah itu peserta didik membaca rangkuman pembelajaran, dan sebagai kegiatan penutup merefleksikan pembelajaran dengan menjawab 3 soal uraian dalam modul.

Penilaian pembelajaran dilakukan dengan tekhnik penilaian sikap menggunakan lembar observasi sikap dengan melakukan pengamatan sikap bersyukur, peduli, percaya diri, tanggung jawab, dan sikap disiplin, penilaian pengetahuan dengan memberi tugas tes tertulis 3 soal uraian , dan penilaian ketrampilan dengan melakukan penilaian produk / hasil dari tugas peserta didik.

Ada hal yang menarik dalam merefleksikan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran mind mapp. Antusias serta minat para peserta didik dalam menuangkan ide kreatif mereka terlihat dalam gambar mind mapp menarik yang mereka buat, peserta didik merasa senang karena dengan menggambar mereka dapat menyingkirkan rasa bosan dengan belajar di rumah selama masa Pandemi Covid 19.

Komentar peserta didik dengan penggunaan Modul Pembelajaran adalah sangat membantu mereka karena tidak perlu menggunakan HP android dan paket data dalam pembelajaran.Mereka bisa belajar sendiri dengan membaca aktivitas pembelajaran dalam modul. Harapan peserta didik semoga masa ini cepat berlalu dan mereka dapat belajar bersama di madrasah.

 

Penulis

Nur Dewi Fattah

dewitamuluk1@gmail.com

 



Cari Artikel Lain

Artikel terkait lainnya